November 5, 2022 admin acme 0 Comments

Fungsi Paint protection film atau PPF adalah salah satu metode perawatan bodi mobil yang dapat memberikan perlindungan tambahan agar cat bodi mobil tetap terjaga.

Caranya dengan menambahkan lapisan film elastis dan tebal ke bodi mobil. Bisa dikatakan seperti melakukan laminating pada mobil. 

Pengaplikasian paint protection film ini biasanya kerap digunakan untuk mobil-mobil premium seperti mobil sport atau super car.

Kelebihan paint protection film

Penggunaan paint protection film dapat membuat mobil terlihat indah dan mengkilap dengan waktu yang lebih lama hingga lima sampai 10 tahun berkat lapisan film yang tebal dan transparan.

Selain itu, paint protection film juga mampu melindungi permukaan cat dari goresan beda tajam seperti kerikil atau baret karena benturan dan baret halus dari pencucian mobil.

Lapisan tersebut juga dapat melindungi cat dari air dan kotoran yang menempel sehingga mudah dibersihkan dan tampilan fisik tetap terjaga.

Tak hanya mampu melindungi permukaan bodi, kelebihan utama dari lapisan film ini mampu menjaga warna asli cat mobil agar tetap cerah, terhindar dari masalah cat menguning dan menghasilkan tampilan wet-look.

Berbeda dengan coating yang menggunakan zat kimia yang dioleskan ke permukaan bodi dan hanya melindungi cat mobil dalam jangka waktu singkat. 

Proses coating juga memungkinkan lapisan cat orisinal terkikis. Jadi, kondisi cat mobil sudah mulai memudar dan baret, maka perlu dilakukan coating kembali.

Apabila menggunakan paint protection film, pemilik mobil tidak perlu sering-sering mengaplikasikan ulang lapisan pelindung. Lapisan film ini memiliki sifat self-healing yang memiliki level toleransi tertentu terhadap kerusakan.